KEUTAMAAN MENIMBA ILMU


” Ada dua macam rakus yang tidak pernah memuaskan, yaitu: 1)Penimba Ilmu. 2)Penghimpun harta dunia. tetapi keduanya jauh berbeda yaitu yang pertama selalu menambah ridho Allah, sedangkan yang kedua,semakin jauh…tersesat. ” tidak,tidaklah demikian,tetapi manusia terlalu melanggar batas jika ia merasa kaya(cukup) tidak membutuhkan lainnya”

Menurut Abu Darda-k: ” belajar satu masalah(Agama)bagiku lebih baik daripada tahajud(bangun)semalam suntuk”.

Pernyataan Ibnu Mas’ud: “sekarang kalian hidup dizaman AMAL lebih baik daripada ILMU” tetapi dimasa yang  datang ” ILMU lebih utama daripada AMAL”.

Dari Sa’id Musayyab, dari Abu Sa’id Khudry, Rasul saw.bersabda” Didunia ini amal yang paling utama tiga,yaitu: 1) Menimba ilmu, karena orang yang selalu menimba ilmu menjadi kekasih Allah. 2) Jihad/Perang sabil,karena orang yang Jihad adalah Waliyullah. 3) Mencari penghidupan ( kasab ), karena pengusaha yang taqwa kepada Allah,adalah SHIDDIQULLAH.

Ada orang bertanya:” sampai dimanakah baiknya manusia itu belajar? jawab Abdullah mubarrak: ” sepanjang kebodohan itu buruk baginya, maka disitulah baik baginya belajar ( berarti tiada batasnya ).

Anjuran Mu’adz Jabal : ” Belajar ilmu,sebab belajar itu adalah suatu kebaikan , dan menimbanya adalah ibadah, sedang mengingatnya adalah tasbih, lalu mengadakan penyelidikan padanya berarti jihad,kemudian mengajarkannya berarti shadaqoh, dan memberikannya kepada orang yang berhak adalah takarrub, karena ilmu itu adalah cara untuk menempuh tingkatan/ derajat di sorga. Ilmu adalah kawan disaat sunyi(kesepian) atau ditengah pengasingan, ia sebagai petunjuk jalan kegembiraan, dan penolong saat kesukaran,penghias di antara kawan, dan senjata penghalau musuh, Allah mengangkat derajat bangsa/masyarakat dunia dengan ilmu,sehingga menjadi pimpinan yang dapat dicontoh, malaikat senang bersahabat dengan mereka, bahkan mengusap-usap mereka dengan sayapnya, segala benda basah -kering mendoakan mereka yang berilmu,sampai ikan-ikan dilaut,serangga dan hewan-hewan buas darat-laut, apalagi ternak. Sebab ilmu adalah penghidup hati dari kebodohan, pelita kegelapan,kekuatan dari segala kelemahan, dan alat menempuh derajat ABRAR ( baik )  dunia-akherat.

Oleh karena itu marilah kita selalu berupaya untuk tetap bisa berkesempatan menimba ilmu,baik secara pormal maupun non-pormal. lembaga-lembaga pendidikan,majelis-majelis taklim, semuanya itu adalah majelis ilmu, mari kita dukung,diberdayakan dan berperan aktif dalam pelaksanaannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Biro Konsultan Hukum

Penyelesaian sengketa dengan cepat dan tepat

PONPES AL-MUSHLIH

Jl. Raya Telukjambe Sukagalih Telukjambe Timur Karawang

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: